Pages

Subscribe:

Friday 8 June 2012

Aplikasi komponen Button (kendali ON/OFF)

1. Pada latihan 5 anda sudah bisa mengubah label tombol secara software. Sekarang waktunya anda mecoba mengapilkasikannya dalam kondisi sebenarnya. Kali ini kita akan membuat kendali lampu yaitu menghidupkan dan mematikan lampu dengan satu tombol. Fokus utamanya adalah : mengubah label tombol sesuai dengan kondisi lampu yang akan dijalankan.
2. Menempatkan komponen tombol dan shape.
• Sorot componen pallet -> Additional -> Shape

• Tempatkan komponen tersebut di lembar kerja Form. Pindahkan kursor mouse ke menu object inspector. Sorot properti Shape aktifkan pilihan dengan memilih stCircle sehingga anda akan memperoleh bentuk berupa lingkaran. Draglah komponen tersebut sehingga ukurannya cukup kecil untuk mensimulasikan lampu led.
• Kemudian tambahkan sebuah tombol lagi yaitu button3 dan tempatkan dibawah komponen shape1. Ubahlah labelnya dengan nama ON.

3. Kliklah dua kali tombol button3 untuk masuk ke lembar kerja uLatih1. Kemudian ketikkanlah program di antara begin dan endnya sebagai berikut :
procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
if button3.caption='ON' then
begin
shape1.Brush.Color:=clred;
button3.Caption:='OFF';
end
else
begin
shape1..Brush.Color:=clwhite;
button3.Caption:='ON';
end;
4. Kemudian jalankan program yang sudah anda ketikkan tersebut. Amatilah apa yang terjadi ? .
5. Penjelasan :

Sebelum tombol ON ditekan Sesudah tombol ON ditekan
6. Perhatikanlah setelah tombol ON ditekan maka tombol akan berganti nama label menjadi OFF. Sekarang fungsi tombol adalah siap untuk mematikan lampu led. Ketika tombol OFF ditekan maka nama label akan berganti lagi menjadi ON sehingga fungsi tombol adalah siap untuk menghidupkan lampu lagi.

Selamat mencoba. .

No comments:

Post a Comment

 
back to top